Kamis, 24 September 2009

nirmana nirmana kekasiiiihku

Seandainya gw bikin blog lebih cepet, pasti bakal banyaaaak banget post tentang masa2 ini. jadi inget waktu gw iseng2 ke gedung TPB sama buluk, dan bernostalgia berduaan saja. mulai dari makrab hingga inisiasi. gw kangen masa TPB.... kangen sekelas satu angkatan, kangen dinginnya ubin slasing, kangen nyerut bambu, kangen ribetnya tugas2, kangen nirmana, kangen dengan berangkaian acara yang kita adain, kangen dimarahin tatib, kangen beskem, kangen saat2 kita masih sering bersama...

tssaaah.. aink galau...

buat mahasiswa tingkat pertama FSRD, semua belum dimasukkin ke jurusan masing2, masih lugu2nya.. hehehe. spesialnya kita dari anak tekhnik yang lain, seangkatan satu ruangan! hanya dipisahkan sekat2 untuk tiap kelasnya, soo.. so pasti satu angkatan bisa kenal semua! dan hal2 yang kita pelajari juga merupakan hal2 yang kita sukai, karna pada dasarnya pasti semua anak di FSRD hobi menggambar. jarang kan lo ketemu anak yang hobi kalkulus? hehehe.. tapi jangan kalian pikir kuliah seni rupa tu gampang, tinggal gambar, coret2, ngewarnain, gtu2 doank NGGAK! SAMA SEKALI NGGAK!
ok, gw ingin sedikit berbagi mengenai perkuliahan gw di kala itu. mata kuliah yang penting tuh ada gambar bentuk, gambar konstruk, rupa dasar 2d dan 3d.... all handmade!

NIRMANA 2D, yang satu ini paling membekas di hati. Nirmana 2d itu lebih ke permainan komposisi bidang, garis, tekstur, irama, warna, dimensi di bidang datar tentunya. Sounds simple tapi lo bisa ngerjain 3 hari nonstop cuma buat si tugas satu ini. dijamin sensasinya tak akan terlupakan sepanjang hidup. kya to the maxxxx!
Kerapihan! itu yang paling penting dalam nirmana. untuk itu lo juga harus punya kuas yang bermutu. Paling oke pake kuas Windsor (apalagi yang 0,000.. hahahaaa enak abis buat ngedetail), trus kuas kesayangan gw yang lain adalah nail brush seharga 20rb 4 buah di Baluby (Pasar Balubur), kalo seret duit pake Picasso juga gapapa tapi si kuas satu ini cepat mekar. Kalo soal cet poster, tetep sakura yang nomor satu! (jadi inget lagu karangan gw ama sartom yang berjudul "aku dan nirmana" deh.. jyahahaha).
Sewaktu mengerjakan, lebih baik jauhkanlah segala macam cairan atau minuman dari lahan kerja anda, dan kalau bisa jangan kerja dekat tempat tidur. Selain bisa cepat mengantuk, nirmana indah lo juga bisa ketumpahan minuman, bahkan iler lo sendiri (pengalaman pribadi). Untuk mencegah kantuk, makan aja seblak tanpa minum. THAT'S THE BEST!

Oh iya satu lagi. Janganlah kalian mengerjakan nirmana di dekat orang bernama Maulana Lukman. Seniat apapun bikinan kalian, bisa dikutuk untuk terus dapat nilai 70! GRAOR!


foto lama dari kamera hp

pertama adalah nirmana garis, yang entah knapa karya gw diatas malah membentuk seperti nirmana kotak. ukuran kertas 40x40. sempet kasus dengan tugas ini, dengan 2 kali mengulang bentuk yang berbeda, nirmana garis gw hanya mendapat nilai 75 saja. (dulu sempat boleh remed, tapi skarang kaga).
HOT TIPS: jangan pake tinta cina! apalagi kalo tipe tangan jorok kayak gw. lebih enak pake marker biasa aja ato drawing pen untuk blocking biar rapi.

nilai terindah, 93, dan tak pernah terulang lagi

nirmana value! sriusan ini mah menderita pisan buatnya. lo mesti ngecet gradasi warnanya satu2 di kertas stiker, dipotong kotak2, baru disusun. manual beibeh!
HOT TIPS : trik amannya, dulu gw pake pipet tetes buat formula cet. mulai dengan warna putih 10 tetes, lanjut 9p : 1h, 8p : 2h, 7p : 3h, dan seterusnya. tambahin air secukupnya, jangan keenceran dan jangan juga kekentelan. hati2 juga sama warna hitam, sifatnya kuat bgt, jadi tetesin sesedikit mungkin. untuk ukuran kotak gw sarankan 1 cm! gw tau, emang cukup gila membuat 1600 kotak. yaa demi hasil terbaik lah.. kalo mo 0,5 juga bole ko. nyehehehe. tapi waktu motong lebih baik lebihin 0,1 atau 0,2 cm. lalu gunakan kertas gloria untuk background! jadi si kertas stiker bisa lo copot lagi kalo salah tempel.

nirmana traffic light!

Hampir sama, tapi kali ini lebih mainin warna dan bentuk geometris.. hmm jatohnya agak kayak pattern gtu.
HOT TIPS: jangan gunakan bentuk lingkaran! kecuali lo bisa motong bulet dengan rapih.. pr gila!


nirmana firefox! (kata ghina)

Ini dia nirmana gw yang legendaris. why? karna nirmana daun gw yang udah gw susun layaknya bara api ini telah menempuh banyak kenistaan. diulang 2x, ketumpahan air, ngeletek karna nempel di double tape H-1 pameran, dsb. nilainya? hmph.. 75 (senyum penuh dengki)


from star to deer

thanks to nirmana transformasi! gw jadi belajar caranya pake adobe illustrator dan corel lebih baik.. hehehe. tugas ini sempet bikin kasus seangkatan, karna semua disuruh ngulang! beuh..
HOT TIPS: buat apa disketsa satu2? bikin aja di corel trus print outlinenya di kertas 40x40 ( I prefer linen). spot ngeprint oke ada di DU, ato di Tirta Anugerah deket bonbin. dan tips ini juga bisa digunakan di tugas2 berikutnya. asal outlinenya aja yang diprint, jangan ampe warna2nya juga.. ;p ada sih kekurangannya, karya lo bakal terlihat kurang natural dan computerize. tapi gpp ko asal niatnya merapihkan.


choco vanilla butterfly?

walo simpel banget tapi gw lumayan suka nirmana gw yang satu ini. warnanya bikin gw laper.. haha.. nilai ga seberapa sih, tapi kalo mo dapet nilai bagus harus cari objek yg lebih detail dari ini. mainin ukuran, letak, dan rapi tentunya!



nirmana batik

ini dia yang paling ciamik! ngebatik! untuk tugas pertama kita ngecet kembali dari poto yang sudah ada, di tugas kedua baru dikomposisikan sesuai keinginan. semakin detail, semakin oke pula nilainya.. selamat nangis deh ngerjainnya.. hahahaha


NIRMANA 3D, menyusun modul, komposisi bidang, bayangan, lalalalala... nirmana 3d ga kalah pr dari 2d. kalo 2d kbanyakan media cat poster, di 3d lo belajar mengenal berbagai sifat media2 yang berbeda. ada kertas, sedotan, kawat, tanah liat dan mix media. sayang punya gw uda banyak yang rompal.. yaaah ga guna juga sih buat diliat :p



2 tugas terakhir dan 2 nilai terindah

di semester 1, nirmana 3d lebih kepada mengolah modul. gw kebagiannya kertas, sedotan dan kawat. kalo semester 2 lebih ke model, ada gips, tanah liat sama mix media.
buat gips kita ngambil model dari buah atau sayuran yang kita pilih. nih gw kasi tau aja ya, yang biasanya pasti dapet bagus tuh bawang bombay! yang lain juga ga masalah asal hasil akhir gips harus muluuuuus sehalus pantat bayi. bikin gips juga bisa membuat lengan anda kekar, karena harus kalian bawa kemana2 dan sangadlah berat. di mixmed kita menggabungkan 2 jenis barang bekas yang berbeda fungsi dan bahan. yang paling oke kalo pake mesin tik! pake jok ontel kayak gw juga ok. spot2 barang bekas di bandung ada di sadang serang, cihapit ato sadang serang.
HOT TIPS: ingin tahu cara paling ampuh menghaluskan gips anda? ingin nilai bagus seperti saya? hahaa *idung kembang kempis* gunakanlah amplas yang paling kasar untuk langkah pertama dan kemudian gunakanlah amplas yang paliiiiiing halus. gosok2 terus sampai merata dan haluuus. masi kurang halus?? ini dia senjata rahasia gw... bedak tabur bayi! taburkan ke atas gips dan gosok dengan botol berbahan kaca atau semacamnya. beuh dijamin tidak hanya halus tapi juga bisa melincinkan gips anda!

and at last..

SELAMAT PAMERAN DAN PENJURUSAN! X)

3 komentar:

  1. wah teh bagus bagus karya nya..
    aku baru nyampe nirmana transformer(transformasi)

    BalasHapus
  2. Kak gimana cara ngecat nirmana yang mix media biar dapet warna kaya gitu? Apa dikasih warna dasar tertentu?

    BalasHapus