Sabtu, 24 Oktober 2009

stagnant phase

fase stagnansi adalah fase dimana seseorang mengalami 'brain dead' atau biasa kita sebut dengan SETAK! dalam fase ini manusia berpikir dan menengok ke belakang, ke masa2 yang lebih indah dibanding saat ini. umumnya timbul karena sebab pengalaman traumatis yang bersifat emosional; kekecewaan mendalam pada lingkungan sekitar atau diri sendiri.
bisa juga datang secara secara tiba2 memberi kerak di otak secara perlahan dan tanpa disadari semua indera penggerak ingin berehat, bagai tombol lampu yang dimatikan, pergi jauh dari dunia ide, pergi jauh dari hingar bingar di sekitar, ingin menikmati kesendirian dan kekosongan yang menggembirakan (joyful emptiness) sampai ingin merasakan yang namanya 'mati sesaat'.
galau kah? malas kah? moody kah? bisa aja, ketiga hal tersebut emang deket banget sama fase stagnansi ini. umumnya tuh proses yang terjadi kayak gini : mood berubah - galau - pusing - malas - nyerah - STAGNANSI!

gw yaaa begini, skalinya fase itu dateng gw bener2 ga mau ngerjain apa2 seharian bahkan untuk online atau doodling which I love the most, sampe2 UTS kmaren ga pengen gw kerjain. buruk mungkin, tapi menurut perspektif gw yaaa gada salahnya dan hal ini wajar2 aja sih apalagi buat orang yang kegiatannya mengolah ide setiap saat, pasti pernah ngalamin.

gw ga mau ngeracunin loh.. I also hate being moody. designer tuh harus bisa menciptakan mood sendiri dan jangan ngebiarin bikin kerak gitu aja. ga cuman designer sih, buat semua juga!

curcol dikit, gw akhir2 ini emang suka ngerasa minder, mungkin lebih mengarah kepada kemampuan gw yang 'belum' setaraf dengan teman2 yang lain, mungkin juga ini pemacu gw jadi setak, aaaah forget it. pokoknya lain kali gw harus bisa lebih menguasai diri, lebih pede, lebih idealis dengan karya sendiri dan selalu yakin kalo semua ide itu aslinya sangatlah berharga dibanding dengan hasilnya. karna kalo gada ide, gakan ada hasil, gakan ada karya seni. jadi inget kata Descartes, "aku ada karena aku berpikir". emang gada yang bisa ngalahin kerajaan ide di otak kita tuh, bagian yang paling mengunggulkan manusia diantara ciptaanNya yang lain. yap, pede! jangan plinplan terus jes! terus berkarya dengan yang kau suka! :)

.....tapi kalo lagi SETAK gimana donk? hahaha. yaaa ada 2 pilihan: 'mati sesaat' dan memberi sugesti dengan tegas ke diri sendiri kalau besok lo bakal melanjutkan apa yang telah lo tinggalkan hari ini apapun yang terjadi atau berjuang sampai titik darah penghabisan mencari mood semangat lo yang ilang entah kemana, siapa atau dengan cara apa yang penting si SETAK bisa ilang secepatnya. kalo gw hari ini lebih memilih yang pertama, hehee

tidur dulu dah, biar cepet ganti hari.
bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar